Selasa, 21 Mei 2013

Kuartal Pertama 2013, Gabungan Android dan iOS Kuasai 92.3% Pangsa Sistem Operasi

Gabungan Android dan iOS, peringkat pertama dan kedua sistem operasi smartphone dunia, meraih 92.3% penjualan smartphone selama kuartal pertama 2013. Sementara itu Windows Phone menduduki peringkat ketiga, menggeser BlackBerry. 
Menurut International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, total penjualan smartphone Android dan Apple di dunia mencapai 199.5 juta unit selama kuartal pertama 2013, naik 59.1% dibanding 125.4 juta unit selama kuartal pertama tahun lalu. 
Ramon Llamas, research manager di tim Mobile Phone IDC, mencatat bahwa Windows Phone diuntungkan keterlibatan Nokia. Sementara seri BB10 dari BlackBerry sukses memasarkan sejuta unit pada kuartal pertama. 
Kevin Restivo, senior research analyst di IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker menambahkan bahwa mengingat volume yang relatif rendah, Windows Phone masih perlu memantapkan posisinya sebagai alternatif Android atau iOS.


Android masih jadi pemimpin di pasar sistem operasi, dan terus meningkat meski tak ada sinergi antar pabrikan. Samsung lagi-lagi terdepan dengan pangsa pasar 41.1%. Di belakangnya berderet panjang daftar pabrikan dengan pangsa pasar satu-angka, bahkan lebih panjang lagi daftar pabrikan dengan pangsa pasar kurang dari satu-angka. Persaingan tak membuat para pabrikan jera; malah memicu inovasi proprietari.
Penjualan iPhone membukukan volume terbesar pada kuartal pertama. Tapi sistem operasi malah mencatatkan penurunan pangsa pasar dan penurunan pertumbuhan penjualan dari tahun ke tahun. Meski permintaan tetap besar, “rasa” iOS masih sama seperti saat iPhone diluncurkan pertama kali tahun 2007. Tak heran debut iOS 7 sangat dinantikan. 
Windows Phone mencatat pencapaian terbesar dari tahun ke tahun, lebih dari dua kali lipat dibanding tahun lalu. Nokia berperan besar dengan penguasaan 79.0% penjualan kuartal ini, dengan total penjualan 20.3 juta unit yang mengisi berbagai segmen. Pabrikan lain memang menawarkan perangkat Windows Phone, namun hanya sebagai alternatif terhadap portfolio Android-nya. 
BlackBerry mengalami penurunan dua-angka dari tahun lalu, tapi ini menyamarkan terobosan yang diraihnya. Pada kuartal pertama ketersediaannya, BlackBerry resmi menjual lebih dari satu juta unit ber-platform BB10. Pada saat bersamaan, BlackBerry mengandalkan smartphone ber-BB7 untuk meraih volume penjualan, yang diterima pasar karena harga lebih murahnya.
Symbian merekam penurunan terbesar dari tahun ke tahun di antara sistem operasi. Penurunan ini sudah diduga, mengingat pabrikan pendukungnya beralih ke Windows Phone atau Android. Meski penjualan terus menurun drastis, IDC percaya penjualan Symbian masih berlanjut sampai 2014.
Linux memperlihatkan penurunan volume penjualan hingga ke titik terendah. Namun Samsung malah dikabarkan mempersiapkan debut smartphone ber-Tizen di tahun ini. Tampaknya tahun ini adalah tahun kebangkitan sistem operasi open-source, karena multi-platform – termasuk Mozilla, SailFish, Tizen, dan Ubuntu – diperkirakan mengeluarkan smartphone pertamanya.

0 komentar:

Posting Komentar