Sabtu, 22 Juni 2013

Huawei Akuisisi Nokia?


Salah satu produsen ponsel dan peralatan jaringan asal China, Huawei Technologies Co dikabarkan berniat mengakuisisi Nokia. Berita ini cukup mengejutkan, semenjak situs Financial Times pada hari Selasa (18/6) mengutip ucapan Richard Yu (Kepala Bisnis Konsumen Huawei) yang mengatakan bahwa Huawei sedang mempertimbangkan strategi bisnis semacam  akuisisi, mungkin akan mengkombinasikan beberapa sinergi namun semua ini tergantung pada kesediaan Nokia.

Kabar tersebut sempat membuat saham Nokia naik 4,6%. Namun kemudian, Huawei mengkonfirmasi ulang bahwa mereka saat ini belum punya rencana untuk mengakuisisi Nokia. Sebelum memasuki industi ponsel, Huawei sudah kuat dalam industri perangkat telekomunikasi. Sehingga mereka dinilai mampu untuk membeli Nokia.

Penyangkalan issue ini datang dari Wakil Presiden Huawei untuk urusan eksternal, Bill Plummer. Bill mengatakan bahwa Huawei terbuka untuk segala strategi bisnis yang menguntungkan dan strategis, tidak hanya pada Nokia. Bill juga menambahkan, bahwa hingga saat ini Huawei belum pernah mengajukan penawaran pembelian atas perusahaan pembuat ponsel asal Finlandia itu.

Jika dirunut, Huawei memang bisa jadi mengincar Nokia yang sedang memiliki posisi bagus di penjualan Lumia dan perangkat WP8-nya.  Ini ditunjukkan dengan saham Nokia AS ditutup naik 17 sen atau lebih dari 4 persen pada $ 3,86 di New York Stock Exchange. Saham telah naik setinggi $ 4,12 setelah laporan. Huawei dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk mengakuisisi Nokia. Kabar ini sempat membuat harga saham Nokia naik.

Huawei sendiri saat ini memang makin berkibar di industri smartphone. Pada kuartal 2 2012, mereka menempati posisi keenam produsen ponsel terbesar di dunia dengan penjualan 11,1 juta unit ponsel. Menanggapi issue panas yang beredar perihal akuisisi ini, pihak Nokia sendiri tidak berkomentar apapun.

0 komentar:

Posting Komentar