Sabtu, 22 Juni 2013

Microsoft Akuisisi Nokia?


Setelah isu Huawei akan membeli pabrikan ponsel asal Finlandia, kini giliran Microsoft ditengarai sedang melakukan diskusi lebih dalam untuk mengakuisisi Nokia seperti dikutip Wall Street Journal.
Dengan kesepatakan tersebut, Microsoft akan mendapatkan kontrol langsung atas pembuatan perangkat mobile, yang sebelumnya telah menjadi mitra pertama untuk pengembangan sistem operasi Windows Phone.
Kesepakatan ini bisa menggoyang bisnis smartphone dengan cara yang sama yang dilakukan oleh Google ketika mengakuisisi Motorola Mobility. Namun keduanya kompak untuk menolak mengomentari hal ini.
Nokia dan Microsoft tengah berjuang untuk mencapai kesuksesan yang pernah diraih sebelumnya. Microsoft tengah bangkit dengan software Windows terbaru ditengah melemahnya pasar PC. Sedangkan Nokia telah jauh tertinggal dari puncak kejayaan sebagai pemegang pasar ponsel terbesar, sementara produk ungulannya Lumia belum juga berhasil membawanya kembali.
Menurut laporan Wall Street Journal, Microsoft telah menjauh dari kesepatakan karena harga saham Nokia pada posisi yang lemah di pasar saham. Meskipun Nokia masih menduduki peringkat No.2 pangsa pasar ponsel, tetapi tidak termasuk lima besar pada penjualan smartphone, yang merupakan masa depan di bisnis ini. Bagaimanapun juga, kata Wall Street Journal, kedua perusahaan dilaporkan sangat dekat dengan ikatan perjanjian lisan.
Meskipun Windows Phone telah mendapatkan progres yang sangat baik di pasar, tetapi tetap masih tertinggal jauh oleh IOS Apple dan Android milik Google. Nokia pun telah mendukung penuh Windows Phone dan sampai saat ini belum melirik ke Android.

0 komentar:

Posting Komentar