Senin, 15 Juli 2013

iPhone Murah Bikin Apple Turun Kelas



Apple selama ini telah sukses membangun reputasi sebagai produsen gadget berkualitas dengan harga di atas rata-rata. Tidak ada yang meragukan semua perangkat besutan Apple mulai dari  komputer, media player, ponsel pintar, dan tablet memiliki kualitas dan tergolong harganya mahal. Dengan target pengguna kelas premium atau kelas menangah atas, Apple meraih margin keuntungan tinggi, yang membuat iri para pesaingnya.

Tapi rumor diluncurkannya iPhone dengan harga terjangkau, kemungkinan akan semakin meningkatkan market share di tengah pasar ponsel pintar di seluruh dunia. Dengan lesunya pasar ponsel cerdas untuk kelas menengah atas, Apple ingin membidik sekaligus mempertahankan pasar di negara-negara berkembang.


Sebuah foto yang sempat tersebar di dunia maya memperlihatkan gambar ponsel yang disebut-sebut sebagai iPhone murah. Ponsel ini terbuat dari plastik dengan frame yang terbuat dari metal sesuai standar iPhone.

Foto yang sempat bocor menampilkan casing iPhone Lite dengan warna permen seperti kuning terang, merah, dan hijau. Pengamat menilai iPhone bagi entry level membuat ponsel itu tampak murahan dan jelek.

Menurut analisa pasar yang dilakukan oleh Christopher Mims (Penulis dan Analis Quatz Finance) mengatakan bahwa jika benar iPhone akan meluncurkan ponsel dengan harga murah dengan casing warna-warni, maka akan menjadi sebuah kemunduran bagi Apple. Seperti yang dilansir laman Bloomberg, Mims cukup menyayangkan langkah Apple yang akan meluncurkan ponsel-ponsel seri murahnya. Karena akan beresiko pada reputasi dan branding yang telah susah payah dibentuk oleh Apple selama ini sebagai ponsel esklusif yang canggih.

Analis USB, Steven Milunovich mengatakan, pasar ponsel bagi kalangan menengah ke atas yang kini dikuasai Apple, sedang mengalami penetrasi yang baik. Namun menurut dia, dengan langkah Apple membuat seri iPhone murah akan menurunkan pasaran dan akan berdampak buruk bagi perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar